Rabu, 04 November 2015

Alat Pendukung Internet (Terbaru)


perangkat pendukung internet

perangkat utama pendukung koneksi internet


perangkat utama pendukung koneksi internet

1. PERANGKAT CLIENT 

perangkat client atau workstation adalah perangkat yang mutlak harus ada untuk dapat mengakses internet. 

PDA

Personal Digital Assistants disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawah kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembanganya, kemudian bertanbah banyak fungsi kegunaanya, seperti karkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio,perekan vidio,dan pencatat memo.

Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

notebook

komputer laptop atau biasa di sebut dengan notebook, merupakan komputer personal yang memiliki sumber daya baik baterai maupun AC. tiga kelebihan laptop jika di bandingkan dengan dekstop adalah masalah portabel ,small, dan conveniant. namun juga memiliki kelemahan antara lain kemampuannya terbatas , keyboard, dan mouse yang kecil, membutuhkan dana ekstra untuk membeli, dan lebih sulit penggunaannya di bandingkan PC desktop.

SMARTPHONE

smartphon adalah sebuah ponsel multifungsi yang menggabungkan beberapa fungsi dari sebuah PDA, seperti personal scheduler, kalender, dan phone book. sebuah smartphone dilegkapi dengan kemampuannya untuk mengakses internet, cek e-mail, memainkan game online sampai menulis dan mengedit dokumen spreadsheet seperti file microsoft mini.

Ada 2 poin yang harus dimiliki sebuah handphone secara memadai (cukup) jika ingin dimasukkan dalam kategori smartphone,

HANDPHONE

Telepon genggam atau handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi eletronikyang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon gixed line yang konvensional namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel;wireless).

PC Desktop

komputer personal yang digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop (grafis) dalam keperluan sehari-hari. aplikasi yang dijalankan umumnya merupakan aplikasi yang membutuhkan kualitas grafis yang cukup tinggi. PC desktop memiliki ruangan yang jauh lebih luas untuk dilengkapi dengan drive-drive seperti CD-ROM ataupun CD-RW. setidaknya ada empat komponen dalam PC jenis ini, pertama, Base unit atau umum dikenal dengan CPU, Monitor sebagai output, Keyboard sebagai alat inpunya serta mouse. keempat unit ini terhubung pada base unit.

TABLET PC

Tablet PC adalah laptop - atau komputer portable berbentuk buku. Memiliki layar sentuh atau teknologi tablet digital yang memungkinkan pengguna komputer mempergunakan stylus atau pulpen digital selain keyboard ataupun mouse komputer.
Pengguna bisa memasukkan teks mempergunakan program yang mengenali tulisan tangan, keyboard dalam monitor, pengenal percakapan, atau keyboard biasa (apabila ada).

Banyak Tablet PC mempergunakan digitaliser, yang menghantarkan masukan posisi pulpen ke komputer dengan cepat.

Tablet PC menggunakan layar LCD sentuh, dapat digunakan untuk menulis dengan tangan menggunakan sejenis pulpen khusus yang disebut stylus. Layarnya

pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap keatas (lihat gambar 2 kiri). Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat.

BAREBONE

komputer setengah jadi yang terdiri dari casing, power supply motherboard, dan sistem pendingin (cooling device). ukuran barebone yang lebih kompak daripada komputer desktop konvesional memudahkannya untuk diletakkan dimanapun. harganya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan komputer desktop. 

MODEM

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Perangkat keras Pendukung Jaringan Komputer:

Router

Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuanya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagaia routing.Proses Routing terjadi pada lapisan 3 ( Lapisan jaringan seperti Internet Protokol) dari stack protokol tujuh lapis OSI. Jadi Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda. Untuk memecah beberapa IP. 

HUB

Hub adalah sebauh perangkat pendukung jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan – peralatan dengan ethernet atau serat optik, sehingga menjadikanya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer1) pada model OSI. Atau dengan kata lain Hub berfungsi untuk meneruskan kembali sinyal yang didapat dengan kekuatan yang sama. Hub disebut juga multi port repeater, dalam mengirimkan sinyalnya hub menggunakan metode broadcast , sehingga apabila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal.

Repeater

Repeater adalah Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.

Repeater merupakan alat yang dapat menerima sinyal digital dan memperkuatnya untuk diteruskan kembali. Repeater juga dapat memperjauh jarak transmisi data. disamping itu, repeater dapat memperkecil noice pada sinyal transmisi yang datang.

repeater, fungsi, pengertian, gambar, contoh repeater

Switch 

Switch adalah komponen jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer2 yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar. Switch memberikan unjuk kerja yang jauh lebih baik dari pada HUB dengan harga yang sama atau sedikit lebih mahal.



Pada saat sinyal memasuki suatu port di switch, switch melihat alamat tujuan dari frame dan secara internal membangun sebuah koneksi logika dengan port yang terkoneksi ke node tujuan. Port-port lain di switch tidak mengambil bagian di dalam koneksi. Hasilnya adalah setiap port di switch berkores-pondensi ke suatu collision domain tersendiri sehingga kemacetan jaringan terhindari. Jadi, jika suatu Ethernet switch 10-Mbps mempunyai 10 port,maka setiap port secara efektif mendapatkan total bandwidth 10Mbps sehingga port switch memberikan suatu koneksi yang dedicated ke node tujuan.



Switch terbagi dalam 2 tipe utama: switch layer-2 dan layer-3. Switch layer-2 beroperasi pada layer data-link model OSI dan berdsarkan terknologi bridging. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan pada alamat MAC. Switch layer-2 dapat digunakan untuk memecah jaringan yang sedang berjalan ke dalam collision domain yang lebih kecil untuk meningkatkan unjuk kerja.



Switch layer-3 beroperasi pada layer-3 dari model OSI dasar teknologi routing. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan. Switch-switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda di dalam suatu internetwork. switch layer-3 kadang-kadang di sebut Switch routing atau switch multilayer.

Server

Server adalah sebuah sistem jaringan yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan, selain itu server juga dapat menjalankan perangkat lunak administrasi yang mengintrol akses terhadap jaringan dan sumberdaya yang ada seperti printer, server juga menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya, karena server itu tugas utamanya melayani komputer-komputer lain yang disebut client maka server haruslah memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client-clientnya.

Proxy 

Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik. Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.

GATEWAY

gateway, juga disebut router, adalah dimana sebuah hostmengirim semua data gram remote-boundnya. gateway akan memiliki sebuah tabel semua kemungkinan rute kemana jaringan remote mungkin eksis dan akan mengantarnya sampai ke lokasi. gateway mengirim via path terpendek berdasarkan informasi di dalam routing table. komputer windows NT 4.0 dapat memiliki banyak default gateway sebagai toleransikesalahan. bila salah satu gateway down, maka komputer anda dapat menggunakan gateway berikutnya sesuai daftar di dalam tabel. default gateway adalah parameter pilihan. ini hanya digunakan apabila anda memiliki lebih dari satu segmen jaringan dan anda mencoba mengkomunikasikan keduanya.

Bridge

Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak; jika segmennya berbeda, paket diteruskan ke segmen tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.idge bisa menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama. Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak; jika segmennya berbeda, paket diteruskan ke segmen tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak untuk tak menyebar keluar dari satu segmen.

Access Point 

alat bantu pada jaringan wireless atau WLAN. access point menerima dan memancarkan kembali data yang berupa gelombang. access point menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lain pada WLAN dan kadang berfungsi pula sebagai jembatan (bridge) antara WLAN dengan jaringan yang menggunakan kabel. access point memiliki fungsi yang sama seperti hub bagi jaringan menggunakan kabel. 

Kartu Jaringan

Kartu Jaringan, kartu jaringan merupakan perangkat keras yang menterjemahkan sinyal-sinyal jaringan ke bentuk paket-paket data yang dimengerti komputer.Komponen ini sering disebut kartu karena bentuknya seperti kartu yang harus ditancapkan ke komputer,baik pada slot PCI ataupun SCSI. Pada bagian belakang panel terdapat lubang konektor untuk menancapkan kabel jaringan. Konektor yang ada pada kartu jaringan ada dua macam yaitu biasa disebut konektor BNC dan RJ45(UTP).Konektor BNC berbentuk seperti kabel TV dan sekarang sudah jarang digunakan sedang RJ45 atau sering disebut UTP seperti konektor kabel telpon namun jumlah kabelnya lebih banyak. Jika jaringan yang digunakan bersifat wireless maka pada panel belakang tidak terdapat lubang konektor,melainkan ada antena.

MEDIA TRANSMISI 

Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, sepertiteleponkomputertelevisi, dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.

1 komentar:

  1. How to Win at Baccarat - Online Casinos - WorRione
    It's a 온카지노 popular septcasino type of casino game to get lucky at – or maybe just enjoy – 바카라 사이트 some games and a lot of fun! Learn the Rules of Baccarat

    BalasHapus